BBU‍MI INFORMASI
Wednesday, February 25, 2015

(SoftBrick dan HardBrick) Cara Memperbaiki Android Mati Total - Mati Suri

Cara Memperbaiki Hp Android yg Mati Total Atau Pura - pra Mati (SoftBrick dan HardBrick) -
Pegertian dulu gan,. Brick pada Android adalah keadaan dimana HH tidak mau menyala / tidak mau boot ke dalam system dikarenakan kesalahan saat utak atik HH (rooting, flashing firmware yang corrupt, kernel yang corrupt) maupun kesalahan pengguna itu sendiri. Brick di bagi menjadi dua jenis yaitu :

  • Softbrick 

Gejala : Masih bisa menyala akan tetapi stuck di layar booting / tidak mau booting (merespon ketika di charge).
Brick jenis ini masih ada kesempatan untuk diperbaiki sendiri tanpa harus dibawa ke service center HH yang bersangkutan.

  • Hard brick 

Gejala : HH tidak merespon saat di charge (gak muncul indikator baterai) dan tidak mau menyala / MATOT (Mati Total).
Brick jenis ini kemungkinan diperbaiki nya 1:100 dan biasanya harus di bawa ke service center.
***
Sebelum membahas musibah matinya Android lebih lanjut, mari kita ulas apa itu Android mati suri, pura pura mati dan apa itu Android MATOT ( mati total ). Biasanya kedua hal ini sering disalah artikan yang pada akhirnya membuat rugi si pemiliknya. Kita semua pasti tahu apa itu brick. Bukan brick bata melainkan brick crash. Brick, pada Android umumnya dibedakan menjadi dua tipe. Pertama, Soft Brick atau yang dikenal sebagai Android mati suri. Yaitu sebuah kondisi dimana smartphone Android stuck di boot logo dikarenakan crash / error pada system.


Dalam kasus ini, cara penanganannya masih tergolong mudah. Kedua, ada yang namanya Hard Brick alias Android matot (mati total). Kondisi ini sudah jauh sekali berbeda dengan brick pada umumnya. Hard Brick yakni sebuah keadaan dimana smartphone tidak bisa diapa-apakan sama sekali.
dan biasanya ini sudah menyangkut kerusakan hardware yang amat parah. Ciri-ciri Soft Brick :
  1. Layar bisa menyala namun stuck di boot logo animation 
  2. Bisa bergetar 
  3. LED masih menyala 
Jika salah satu / semua ciri diatas masih ada, kemungkinan ponsel Android anda masih bisa diselamatkan. Bila tidak, (layar mati, tidak bergetar, dan LED tidak menyala sama sekali, ditekan tombol power tidak ada reaksi apa-apa) bisa jadi itu Hard Brick

Kemungkin anda pernah mengalami Soft Brick pada waktu mengganti font Android Jelly Bean / ICS atau pada waktu install custom rom Android dan flash kernel Android.

Nah Jika flashing kernel masih pada jenis smartphone yang sama mungkin itu bukan menjadi masalah. Coba saja anda flash kernel smartphone lain misal kernel Samsung Galaxy SIII anda flash ke Xperia Neo L. Bisa saja langsung Hard Brick.

Memperbaiki ponsel Android yang mati total, tidak bisa kita lakukan sendirian. Prinsipnya seperti ini :

  1. Jika ponsel Android anda masih bisa booting namun stuck di boot logo, silahkan Wipe Data & Cache lewat Recovery Mode
  2. Kalau Wipe Data & Cache lewat Recovery Mode tidak berhasil namun anda masih bisa masuk ke Recovery, flash ROM lain 
  3. Bila ponsel Android anda tidak bisa booting / tidak bisa menyala namun LED bisa berkedip dan masih bisa masuk ke Flash Mode & Download Mode, flash ulang firmware anda melalui PC 
  4. Dan smartphone Android anda dirasa benar-benar Hard Brick, (layar mati, tidak ada getar, LED tidak menyala, tombol power tidak merespon) silahkan anda bawa ke Service Center terdekat. Ceritakan kejadian yang menimpa anda saat itu, atau cukup bilang "Saya tidak tahu apa penyebabnya, tiba-tiba saja smartphone saya tidak mau menyala". Mengapa Service Center? Karena tukang service biasa rata-rata tidak mau menerima hape yang kondisinya seperti ini
Demikian  Cara Memperbaiki Hp Android yg Mati Total Atau Pura - pra Mati (Soft Brick dan Hard Brick) semoga manfaat and terimakasih atas kunjungan anda.