BBU‍MI INFORMASI
Wednesday, May 13, 2015

Pesan Wanita Muslimah Naik Haji

Pesan Wanita Muslimah Naik Haji- Sapa Orang yang tidak mau naik haji ataupun pergi ke baetullah? nah disii kami akan membagikan sedikit ulasan tentang Sungguh sangat bahagia bagi muslimah yang bisa menunaikan ibadah haji  
Nah, agar ibadah haji kita lebih bermakna dan membawa pahala yang besar, maka bagi setiap orang yang datang ke Baitulloh harus berbekal ilmu. Berikut ini pesan singkat yang dapat kami berikan untuk para wanita yang ingin berangkat haji. Wallohul Muwaffiq.
  1. Bersyukur Atas Karunia Alloh Berupa Kesempatan Berangkat Haji Bersyukurlah wahai saudariku para wanita muslimah atas besarnya karunia Alloh  عزّوجلّ kepadamu, hingga engkau bisa berangkat haji. Karena berangkat ke Baitulloh adalah idaman setiap muslimah di mana sedikit sekali yang  berkesempatan bisa mencapainya.

  2. Luruskan Niat Ketika Berangkat Karena haji adalah ibadah yang agung, janganlah engkau kotori dengan niat perusak ibadah. Ikhlaskan bahwa hajimu hanya semata-mata karena memenuhi panggilan Alloh عزّوجلّ . Jangan sekali-kali terbetik dalam hatimu ingin dikatakan bu haji, atau inginterpandang di mata masyarakat, pamer, sombong dan lain-lain dari niat yang salah. Alloh عزّوجلّ berfirman yang artinya :“Katakanlah: Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalahuntuk Alloh, Robb semesta alam. Tiada sekutu bagi-Nya dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Alloh)." (QS. al-An'am [6]

  3. Berangkat Harus Bersama Mahrom Ini merupakan kekhususan bagi kaum wanita. Mereka harus berangkat bersama mahramnya. Mahrom seorang wanita adalah suaminya, atau orang yang haram menikah dengannya, seperti: bapaknya, anaknya yang laki-laki atau saudara laki-laki sekandung. (al-Mughni: 3/238) Syarat mahrom adalah laki-laki yang berakal dan sudah baligh, karena tujuan mahrom adalah untuk menjaga wanita, dan hal ini tidak terwujud jika mahromnya masih kecil atau tidak berakal alias gila. (al-Mufashol: 2/174) Sangat banyak hadits-hadits yang melarang wanita bepergian seorang diri tanpa mahrom, Rosululloh صلي الله عليه وسلم bersabda:  لَا تُسَافِرْ الْمَرْأَةُ إِلَّا مَعَ ذِي مََْرَ "janganlah seorang wanita safar kecuali dengan mahromnya." (HR. al-Bukhori: 1862, Muslim: 1341)

  4. Menggunakan Harta Yang Halal Harta yang engkau gunakan untukberangkat haji hendaklah dari harta yang halal. Bersihkan segala perbekalan dirimu untuk berangkat haji dari perkara yang haram, karena harta yang halal adalah asas diterimanya sebuah amalan.Ibnu Abdill Barr berkata: "Adapun haji mabrur yaitu haji yang tiada riya dan sum'ah di dalamnya, tiada kefasikan dan dari harta yang halal." (at-Tamhid: 22/39)

  5. Laksanakanlah Manasik Haji Dengan Benar Contohlah manasik haji yang telah diajarkan oleh Rosululloh صلي الله عليه وسلم . Kerjakan segala kewajiban haji dan tinggalkanlah segala larangannya. Berusahalah untuk belajar dan meminta penjelasan yang benar tentang tata cara haji sebagaimana dicontohkan Rosululloh صلي الله عليه وسلم . Dalam sebuah hadits Nabi صلي الله عليه وسلم bersabda: "Ambillah dariku tata cara ibadah hajimu." (HR. Muslim: 1297)

  6.  Perbanyaklah Amal Sholih ketika engkau berada di tanah suci dan selama pelaksanaan ibadah haji perbanyaklah beramal sholih, berbuat kebajikan dan meninggalkan segala dosa. Alloh berfirman: "Barangsiapa yang menetapkan niatnya dalam bulan itu akan mengerjakan haji, maka tidak boleh rofats (berkata-kata kotor tak senonoh), berbuat fasik dan berbantah-bantahan di dalam masa mengerjakan haji." (QS. al-Baqoroh [2]:197)

  7. Mengenakan Pakaian Sesuai Syar'i,Ketika engkau melaksanakan manasik haji kenakanlah pakaian yang menutup aurat sesuai aturan agama, jangan mengenakan pakaian yang membuat fitnah para lelaki. Wajib bagi wanita untuk mengenakan pakaian sesuai aturan agama, baik dalam keseharian maupun saat menjalankan ibadah haji.

  8.  Jauhilah Ikhtilath, Jauhilah oleh kalian ikhtitath (campur baur dengan lelaki yang bukan mahrom), baik saat di pemondokan maupun ketika perjalanan haji.

  9. Ber-Thowaf Dalam Keadaan Suci Apabila engkau thowaf hendaklah dalam keadaan suci, karena Rosululloh  SAW berkata kepada Aisyah رضي الله عنها ketika mengalami haidh saat ihrom : Kerjakanlah sebagaimana amalan orang yang haji, akan tetapi janganlah engkauthowaf di Ka'bah hingga engkau suci."(HR. al-Bukhori: 1650)
Demikianlah Pesan Wanita Muslimah Naik Haji untaian nasihat dan pesan singkat ini kami peruntukkan bagi saudariku muslimah yang akan berangkat haji. Kami hanya bisa mendo'akan semoga perjalanannya lancar sampai tanah suci.
Bila anda menjumpai kesulitan di tanah suci atau permasalahan dalam manasik haji, maka janganlah malu untuk bertanya ke poskoposko yang sudah disiapkan oleh pemerintah Saudi Arabia di beberapa tempat. Semoga haji kita semua diterima oleh Alloh عزّوجلّ sebagai haji yang mabrur. Amin. Allohu A'lam